-->

Dasar Manajemen dalam Dunia Desain

Abah

Dasar Manajemen dalam Dunia Desain

Dasar Manajemen dalam Dunia Desain
Dasar Manajemen Desain

  • Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Manajemen bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi
  • Desain dapat diartikan sebagai sebuah proses untuk membuat dan menciptakan objek yang baru
  • Manajemen Desain adalah suatu penyelidikan dalam proses kreatif khususnya  di bidang DKV, yang memiliki tujuan untuk membangun struktur organisasi untuk desain DKV

Proses Manajemen Desain

Manajemen SDM

Manajemen SDM adalah manajemen sumber daya manusia yang memiliki peran untuk kegiatan rekrutmen, pengelolaan dan pengarahan untuk para karyawan di perusahaan tersebut.

 Tujuan Manajemen SDM

  1. Mengembangkan efektifitas kerja sumber daya manusia
  2. memperbaiki kualitas tenaga kerja
  3. memberikan aturan kerja
  4. menyeimbangkan antara tujuan masing-masing individu dan mencapai tujuan perusahaan
  5. menyeimbangkan antara tujuan masing-masing individu dan mencapai tujuan perusahaan
  6. untuk membantu para manajer mengelola seluruh tenaga kerja

Fungsi manajemen SDM

Dalam fungsinya, manajemen SDM memiliki tiga peran penting yaitu perencanaan, penarikan, dan proses seleksi. Selain itu manajemen SDM juga memiliki fungsi lain, diantaranya :

  1. Mengevaluasi dan memberikan penilaian kepada karyawan
  2. Memberikan pelatihan dan nasehat
  3. Memberi Reward 
  4. Membangun Relasi
  5. Menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan dan transparan

Manajemen Produksi

Manajemen produksi memiliki peran untuk mendeskripsikan ispirasi/imajinasi, agar bisa dideskripsikan dan dipresentasikan kepada klien.

Tujuan Manajemen Produksi

  1. Membuat ide-ide nyata yang sudah dipilih oleh klien untuk langsung memproduksi desain
  2. Menjelaskan ide kepada klien dan tim produksi
  3. Mengubah ide yang Abstrak menjadi nyata dan terukur
  4. Mengevaluasi metode agar dapat konsep yang lebih jelas
  5. Mencari kemungkinan apakah desain tersebut sudah ada/belum pada saat produksi
  6. Mengevaluasi jika ada kesalahan teknis

Fungsi Manajemen Produksi

  1. Membuat konsep menjadi nyata
  2. Membuat Dummy/Prototype
  3. Memproduksi  desain-desain bertujuan memikat pelanggan/klien. 

Manajemen Pemasaran

Sebuah desain komunikasi visual tidak berdiri sendiri, melainkan berdampingan erat dan saling bersinergi dengan periklanan dan pemasaran. Sebuah desain idealnya menjadi bagian dari strategi marketing yang efektif.

Desain harus mampu menggambarkan kualitas ataupun citra yang dibangun pada sebuah produk atau perusaan. Desain yang baik harus bisa menggambarkan apa yang ingin ditampilkan atau ingin dicapai produk/ perusahaan. Desain bukan hanya mengatur tata letak tulisan dan gambar dengan bagus.

Manajemen Strategi

Manajemen strategi dalam DKV adalah strategi terhadap teori dan aplikasi sebagai hasil Inovasi, yang secara keseluruhan mencakup :

  1. Perumuasan Misi perusahaan
  2. Visi yang berkaitan dengan tujuan dari organisasi perusahaan
  3. Meningkatkan value dalam organisasi
  4. Memikirkan model strategi bisnis
  5. Merencanakan program untuk mencapai target

Abah
Load comments