-->

Pengertian, Jenis, dan Model komunikasi Pemasaran

Abah

Pengertian, Jenis, dan Model komunikasi Pemasaran

Pengertian Komunikasi Pemasaran 

Komunikasi 

Suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

Pemasaran 

Aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.

Komunikasi Pemasaran 

Semua bentuk pesan dan media yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pasar. 

Jenis – Jenis Komunikasi Pemasaran 

  • Advertising
  • Sales Promotion
  • Public Relations
  • Direct Marketing
  • Personal Selling 

Model- Model Komunikasi dalam Pemasaran 

Model Proses Komunikasi Makro 

Model proses komunikasi makro dirumuskan oleh Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. Model ini mencakup semua elemen yang terlibat pada komunikasi pemasaran. Pada model ini terdiri dari 3 kelompok besar. Kelompok pertama merupakan komponen utama dari komunikasi yaitu pengirim dan penerima informasi.

Kelompok kedua yaitu komponen fungsi komunikasi yang terdiri dari pembuat pesan, penerjemah, respon dan umpan balik. Kelompok ketiga terdapat 1 komponen yaitu gangguan.

Model Proses Komunikasi Mikro 

Model yang juga dirumuskan oleh Philip Kotler dan Kevin Lane Keller ini memusatkan perhatian pada berbagai tanggapan khusus yang diberikan oleh penerima pesan yang mencakup aspek afektif, kognitif dan psikomotorik. Pada model komunikasi ini, pemberi informasi berusaha menciptakan suatu kondisi hingga pelanggan menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan secara sadar.

Model Komunikasi Pemasaran Tradisional 

Model komunikasi pemasaran tradisional dapat direpresentasikan sebagai tambahan dari sebuah model komunikasi dasar. Model ini diawali dengan pesan komunikasi pemasaran yang ingin dikirimkan oleh perusahaan kepada konsumen. Pesan kemudian di encode oleh sebuah firma dan dikirimkan melalui beberapa media pemasaran tradisional seperti bauran komunikasi pemasaran yang mencakup promosi periklanan, promosi penjualan, public relations, dan penjualan secara personal. 

Model Komunikasi Pemasaran Terpadu 

Model komunikasi pemasaran terpadu merupakan implementasi dari berbagai gagasan mendasar yang ditemukan dalam konsep pemasaran, menggabungkan keinginan dan kebutuhan konsumen, dukungan seluruh perusahaan, dan tujuan yang disepakati di dalam firma.

Abah
Load comments