-->

Fungsi dan Manfaat Desain Komunikasi Visual (DKV)

Abah

Fungsi dan Manfaat Desain Komunikasi Visual (DKV)
Fungsi dan Manfaat Desain Komunikasi Visual (DKV). Seiring berkembangnya zaman, desain komunikasi visual menurut Cenadi terdapat tiga fungsi dasar, yaitu Sarana identifikasi, sarana informasi dan instruksi, dan sarana persentasi dan promosi.

Sarana Identifikasi
Identitas seseorang atau pesan dapat mengungkapkan pesan atau orang tersebut. Demikian juga dengan suatu produk ataupun lembaga. Jika mempunyai produk tersebut memiliki identitas berarti mencerminkan bahwa kualitas produk tersebut mudah dikenali dan baik citranya.

Seseorang akan lebih memilih membeli air mineral dengan menyebutkan merek A daripada hanya mengatakan membeli air mineral saja. Atau, seseorang akan membeli air mineral merek A karena branded yang berkesan terkenal.

Sarana Informasi dan Instruksi
Desain komunikasi visual bertujuan untuk menunjukkan hubungan antara sesuatu dengan hal yang lain seperti peta, diagram, simbol dan penunjuk arah. Pesan akan dianggap berguna jika disampaikan kepada komunikan yang tepat dan pada kondisi yang tepat, juga dalam bentuk yang mudah dipahami. Kemudian, dipresentasikan secara logis dan konsisten.

Contohnya, seperti tanda dan rambu lalu lintas, simbol telepon umum, toilet, restoran dan lain-lain yang bersifat informatif dan komunikatif, dan mudah dibaca oleh orang dari berbagai latar belakang dan kalangan secara umum. Sehingga, komunikasi visual ini haruslah bersifat universal.

Sarana Presentasi dan Promosi
Tujuan ini pun dapat kita lihat ketika para pengusaha yang menyebarkan pamflet atau poster sebagai ajang promosi mereka atau memberitahukan informasi bahwa terdapat produk yang bisa masyarakat gunakan. Singkat, jelas, dan padat akan mudah diingat oleh pembaca.

Umumnya, untuk mencapai tujuan tersebut, maka pesan yang disampaikan bersifat persuasif dan menarik. Sehingga tujuan akhirnya adalah menjual suatu produk atau jasa.

Manfaat Mempelajari Desain Komunikasi Visual (DKV)
Desain komunikasi visual (DKV) ini sebenarnya memiliki beberapa manfaat jika kita tekuni dan dipelajari dengan giat. Seperti halnya di bawah ini :

Di Bidang Pendidikan
Di sini, DKV dapat digunakan ketika menampilkan objek-objek hasil karya siswa secara riil melalui software komputer. Sehingga diharapkan siswa yang melihat dapat memahami materi yang telah diajarkan, bukan hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.

Hasil karya pada umumnya berupa penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka manusia, susunan tubuh manusia, dan sebagainya yang berkaitan dengan pendidikan atau mata ajar yang diajarkan.

Di Bidang Hiburan
DKV selain untuk pendidik, dalam hiburan pun juga bermanfaat. Sekarang, sudah mulai banyak acara hiburan di televisi yang menampilkan visual hasil grafik komputer. Mulai dari film, kartun, iklan di TV sampai acara hiburan sekalipun sudah berbasis grafik komputer.

Di Bidang Perancangan
 Pada bidang ini dapat digunakan untuk membuat beragam desain dan model objek yang akan dibuat. Seperti contohnya ketika melakukan desain arsitektur bangunan, kendaraan dan lainnya. Dengan menggunakan software desain grafis seperti auto cad semua dapat dilakukan dengan mudah bahkan bisa lebih spesifik.

Namun, pada umumnya Desain Komunikasi Visual ini lebih sering digunakan oleh para desainer grafis yang bekerja di bidang advertising maupun multimedia. Karena Inilah semua komunikasi dapat berjalan dengan lancar dan mudah dipahami melalui visual.
Abah
Load comments